Minggu, 08 Agustus 2010

Pemilihan Sepeda Lipat

Di dalam memilih sepeda lipat sebagai dilihat dari baik dari sisi olah raga maupun transportasi dapat di tinjau dari sudut pandang yg luas, karena ini akan memberikan pemahaman yang luas dan dalam secara filosofis, sains dan spiritual, untuk itu kita harus memulainya dari bagaimana Penciptaan Alam Semesta....., referensinya adalah sbb:
- http://www.creationofuniverse.com/
- http://en.wikipedia.org/wiki/Formation_and_evolution_of_the_solar_system
- http://www.sciam.com/article.cfm?id=the-myth-of-the-beginning-2004-05

Setelah memahami hal2 dasar diatas barulah kita bisa beranjak kepada gerak tubuh manusia secara biologi, lalu di teruskan kepada filosofi keinginan manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya sehingga diperlukannya alat transportasi darat....

Duh..kok jad panjaaang banget yaks....pokoknya sepeda lipet itu penting..dan pertama kalau gak salah di buat untuk keperluan perang... referensinya: http://www.velorution.biz/?p=1276

Dah gitu aja deh latar belakang segala filosofi dan tetek bengeknya...liat aja di bawah ini deh....


Dalam memilih sepeda lipat kita harus mengetahui dengan benar tujuan pemakaian:

Ukuran ban 16" (Commuter)
Sepeda jenis ini ukurannya sangat kompak, menggunakan ban 16", tujuan pemakaian adalah untuk commuter, artinya pemakaian sepeda akan di "sambung" dengan kendaraan lainnya, misalnya bus, kereta, atau kendaraan lainnya. sehingga tidak akan memakan tempat yg banyak. Sepeda ini juga bisa sebagai kendaraan "cadangan" untuk kendaraan lainnya, misalnya di simpan di bagasi mobil, bila terjadi kemacetan kita bisa parkir mobil kita trus buka sepeda dan meneruskan perjalann dgn sepeda, atau bahkan bila ada supir kita bisa turun di pinggir jalan dan teruskan dgn folding bike menembus kemacetan.
++: kompak, ringan
-- : tidak senyaman 20" terutama pada jalanan kasar atau banyak lubang. jumlah gear tidak sebanyak 20"
contoh: http://idfoldbike.multiply.com/photos/album/61/Macam2_Foldbike_16

Ukuran ban 18" atau 20"
Ukuran ban 20" adalah balance dari sepeda lipat, artinya cukup kompak di bandingkan sepeda biasa namun tetap nyaman. Dgn 20" anda bisa tetap nyaman untuk perjalanan yg lebih jauh, bahkan tersedia seri untuk Touring maupun Balap. Bbrp model dari 20" ini adalah seri yg dapat dipakai untuk performance.
++: Gear bisa lbh banyak dari 16", pilihan lbh banyak
--: Tdk sepraktis 16". lbh berat untuk kelas yg sama.
contoh: http://idfoldbike.multiply.com/photos/album/60

Ukuran ban 26"
Bila medan yg akan di jajaki adalah offroad dan banyak lubang besar2..atau dengan kata lain hanya MTB saja yg bisa melaluinya maka 26" lah yg harus di pilih. 26" juga teruntuk org2 yg berbadan sangat besar namun tetap menginginkan sepeda lipat. Dan yg pasti bagi yg ingin tetap terlihat memakai sepeda ukuran biasa (full size)
++: Sangat nyaman, bisa di pakai MTB (khusus seri MTB) dan dapat menggunakan komponen yg umum
--: tidak sepraktis 20" atau 16", akan bingung kalau mau di bawa keluar kota, perlu kopor khusus.

Function Range (jenis2 sepeda lipat dari fungsi):
- Urban
- Urban Commuter
- Touring
- Racing Bike
- Light XC
- MTB All Mountain

Urban
Hampir semua foldbike secara umum adalah Urban bike (sepeda kota), terdapat berbagai jenis Urban bike, mulai dari yg paling basic sampai ke yang performance, artinya dari yg fiturnya sedikit dan relatif tidak ringan hingga yg ringan dan banyak fiturnya, seperti Hub peredam getar, suspension seat post, gear yg lbh banyak atau seat post yg mempunyai pompa ban. Urban bike rata2 ukuran bannya 18" atau 20"
Urban Commuter.
Urban commuter adalah diperuntukkan bagi yg bersepeda sambil menggunakan moda transportasi lainnya misalnya Kereta atau Bus. sehingga ukurannya harus kecil atau kompak. Ukuran ban 16" atau lbh kecil (rekomendasi tdk lbh kecil dari 8"). Skenarionya adalah bersepeda dari rumah ke stasiun Kereta...lipat..naik.....lalu sampai di stasiun berikutnya..turun..buka lipatan sepeda..lalu genjot lagi.
Pada skenario lainnya Urban Commuter Bike ini juga nyaman dipakai untuk Urban Touring, yaitu touring di kota2 lainnya (bukan tempat tinggal), misalnya membawa sepeda pakai Travel ke Bandung..selipkan diantara kursi lalu sesampai di tujuan di buka sepedanya dan di pakai touring dalam kota mengunjugi berbagai tempat menarik tanpa harus macet2an selain juga tentunya "menyatu" dengan atmosfir lokal.
Touring.
Touring atau genjot jarak jauh juga dapat di lakukan dengan sepeda lipat, namun tentunya spek sepeda tersebut harus mumpuni, mulai dari gear nya yg harus banyak (bisa pakai Dual Drive) hingga suspensi, krn genjot jarak jauh akan lelah dan juga membawa beban yg berat dari perlengkapan lainnya yg di muat di Panniers.
Racing Bike
Sepeda lipat juga ada versi sepeda balapnya Spt Dahon SpeedPro TT (http://www.dahon.com/intl/speedprott.htm atau http://www.dahon.com/intl/tournado.htm), bahkan ada juga yg versi kompetisi, misalnya Airnimal Chameleon (http://www.airnimalfoldingbikes.com/M_ChameleonPerformanceSport.php). Foldbike jenis ini bisa di genjot lebih dari 70kph.
LightXC
Untuk lightXC (cross country) juga tersedia dalam format foldbike, untuk 20" mulai dr very LightXC http://www.dahon.com/intl/jetstreamp8.htm, atau LightXC (http://www.dahon.com/intl/matrix.htm , better 2007) atau yg agak berat bisa pakai http://www.airnimalfoldingbikes.com/M_RhinoWhite.php atau http://www.dahon.com/intl/flo.htm
MTB All Mountain
Untuk MTB All mountain tersedia dalam format ban 26" http://www.dahon.com/archive/2007/intl/fuego.htm .



merk2 yg di rekomendasi sesuai dgn ketersediaan dan harga:
- Dahon
- Strida
- Hasa
- Oyama
- Yansun


MORE TO COME..AKAN MENYUSUL:
- pemilihan terhadap tinggi badan, berat badan
- Riding position
- kondisi jalan
- skenario bepergian membawa atau genjot sepeda lipat..
- dll..
- sabar yah... :D


Salam,
Mas AKh

Tidak ada komentar: